Ciri-ciri Makhluk Hidup Kelas 3 SD Tema 1 Subtema 1

Asslamualaikum Peserta didik cemerlang.
     Berikut adalah materi pembelajaran Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang dipelajari di kelas 3 Sd Khususnya pada Tema 1 dan Subtema 1.
Pada kesempatan kali ini, Guru Esde akan mengulas sedikit materi tentang ciri-ciri makhluk hidup. Makhluk Hidup terdiri atas : Manusia, Hewan dan Tumbuhan .
Semua makhluk Hidup memiliki ciri-ciri yang sama yakni:

#ciri makhluk hidup ke-1 Bernafas

        Semua makhluk hidup pasti melakukan proses bernafas. Tahukan kalian apa itu bernafas? Bernafas adalah proses masuknya oksigen ke dalam paru paru melalui rongga hidung dan kemudian mengeluarkan karbondioksida yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Alat pernapasan pada setiap makhluk hdup itu berbeda-beda ya... contohnya manusia bernapas dengan menggunakan alat pernapasan berupa paru-paru, sedangkan ikan dengan menggunakan insang, sedangkan tumbuhan yang memiliki pigen hijau daun bernapas dengan menggunakan stomata.

#ciri makhluk hidup ke-2 Tumbuh dan Berkembang

         Ciri yang kedua pada makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Tumbuh memiliki arti bahwa adanya pertambahan tinggi dan berat pada makhluk hidup. sedangkan berkembang artinya bertambah kemampuannya. Misalnya manusia, ketika bayi manusia hanya dapat berpindah tempat dengan cara digendong, kemudian seiring berjalannya waktu berkembang menjadi merangkak, berjalan, hingga berlari.

#ciri makhluk hidup ke-3 Berkembang Biak

            Setiap makhluk hidup mempunyai cara berbeda-beda dalam berkembang biak.
Manusia misalnya, berkembang biak dengan melahirkan, Ayam berkembang biak dengan cara bertelur, sedangkan pohon mangga berkembang biak dengan biji.

#ciri makhluk hidup ke-4 Membutuhkan makanan

        Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan atau nutrisi untuk kelangsungan hidupnya. Manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai bahan makanannya. Sebagian hewan membutuhkan tumbuhan sebagai makanannya, dan tumbuhan membutuhkan air untuk hidupnya.

#ciri makhluk hidup ke-5 Bergerak

        Semua makhluk hidup bergerak, baik secara pasif maupun aktif. Gerak aktif ini artinya, makhluk hidup tersebut dapat berpindah tempat dengan sendirinya. misalnya manusia dan hewan. Manusia merupakan makhluk hidup yang sempurna, manusia dapat bergerak dengan aktif, misalnya berjalan, melompat, bahkan berlari  Sedangkan gerak pasif adalah pergerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat, misalnya tumbuhan. Gerak pasif pada tubuhan ini dapat terlihat ketika ranting tumbuhan cenderung mengarah ke tempat yang terkena sinar matahari.

#ciri makhluk hidup ke-6 Peka terhadap rangsang

        Setiap makhluk hidup memiliki kepekaan terhadap rangsang secara berbeda-beda. Sebagai contoh, ketika mata kita silau terhadap matahari. Maka mata akan secara refleks menutup untuk menghindari sinar matahari. Tumbuhan seperti daun putri malu peka terhadap sentuhan. Jika daun putri malu terkena sentuhan, maka akan dengan sendirinya menutup daun. Sedangkan ulat kaki seribu akan menggulungkan badannya ketika mendapatkan rangsang berupa sentuhan.

    
Baiklah anak-anak sekalian,untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak video mengenai ciri-ciri makhluk hidup berikut ini.



Dari video di atas, terdapat Lembar kerja yang dapat kalian download disini
        dari Lembar kerja tersebut kalian dapat mencoba untuk memahami dan mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan uraian dan video di atas.

Selamat belajar !! teruslah menjadi Peserta didik yang cemerlang.