• Jelajahi

    Copyright © Pena Pedia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Hijrah Umat Islam cerita anak islami pada bulan muharram

    12/07/20, 15:15 WIB Last Updated 2020-08-13T08:58:18Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Bulan Muharram

    Nama tahun dalam islam dikenal dengan sebutan Hijriah. Sedangkan bulan pertama dalam islam dinamakan bulan Muharram. Tanggal 1 Muharram disebut dengan tahun baru islam. Nah, Tahun Baru Islam itu diawali dengan peristiwa berpindahnya atau Hijrahnya Rasulullah Saw dari kota Mekkah ke kota Yatsrib tau Madinah.
    Aira bertanya kepada ayahnya, "Yah, mengapa Rasulullah Saw dan umat islam zaman dulu pindah dari Mekah ke Madinah?"
    "Karena waktu itu umat islam di kota Mekah tidak tahan lagi  terhaadap siksaan dari orang-orang kafir. Jadi, untuk menyelamatkan umatnya, Rasulullah Saw meminta mereka untuk pindah ke kota Yatsrib," jawab Ayah.
    "Mengapa ke Yatsrib, Yah? Bukankah ke Madinah?" tanya Aira penasaran.
    "Hahaha, pintar kamu nak! Saat itu Madinah bernama Yatsrib." seru Ayah
    "O, begitu, ya, Yah!" kata Aira
    Ayah tertawa dan meneruskan ceritanya. "Melihat orang-orang beriman hijrah ke Yatsrib, orang-orang kafir sangat marah. Oleh Karena itu, orang-orang kafir itu berencana untuk membunuh Rasulullah Saw. Namun, berkat pertolongan Allah SWT, Rasulullah Saw dapat selamat dari rencana kei orang-orang kafir.
    Bersama Abu Bakar, Rasulullah Saw meninggalkan kota Mekkah dan sempat bersembunyi ke satu gua yang dikenal dengan nama Gua Tsur.
    Sebelum sampai ke Yatsrib, Rasulullah Saw singgah ke suatu daerah yang bernama Quba dan mendirikan sebuah masjid di tempat tersebut. Masjid Quba namanya. Masjid Quba adalah masjid pertama yang didirikan umat islam.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini