• Jelajahi

    Copyright © Pena Pedia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Download Modul Pendalaman Materi Bahasa Indonesia PPG PGSD 2020

    22/09/20, 17:30 WIB Last Updated 2020-09-23T01:42:43Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    as

         Dalam Kegiatan PPgG dalam Jabatan Tahun 2020 ini, terdapat materi pendalaman materi Bahasa Indonesia yang merupakan modul pendalaman yang pertama. Dalam Modul ini terdapat 4 Kegiatan belajar yang tiap Kegiatan Belajarnya memiliki tema dan pembahasan yang berbeda. 

        Pada Kegiatan Belajar 1 membahas tentang Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

    Dalam kegiatan belajar 1 ini memiliki sub capaian pembelajara berupa penguasaan materi berbagai ragam teks, satuan bahasa pembentuk teks, serta aplikasinya dalam pembelajaran SD. Sedangkan sub capaian Pembelajarannya yakni : 

    1. Menganalisis berbagai ragam teks;
    2. Menganalisis satuan bahasa pembentuk teks; dan
    3. Merancang pembelajaran ragam teks di sekolah dasar. 

        Pada  Kegiataahn Belajar 2 membahas mengenai Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi

    Dalam Kegiatan belajar 2 akan mempelajari bagaimana memahami peserta didik dengan karakter yang beragam dari segi perkembangan bahasa anak. Dari pemahaman tersebut korelasinya adalah guru akan merancang perencanaan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan konteks struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks fiksi di sekolah dasar. 

        Pada Kegiatan belajar 3 membahas tentang Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

    Pada Modul kegiatan belajar 3 ini guru akan mempelajari secara teoritis dan praktis materi struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks nonfiksi. Sementara secara praktis guru akan belajar menganalisis struktur, fungsi,  kaidah kebahasaan dan kompetensi dasar bahasa Indonesia sehingga dapat meentukan bagaimana mengaplikasikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar materi teks nonfiksi.

        Pada kegiatan belajar 4 membahas tentang Apresiasi dan kreasi sastra anak

        Sastra anak mencakupi semua jenis penulisan kreatif dan imajinatif yang khusus untu dibaca da menghibur anak-anak. Dengan demikian sastra anak menawarkan kesenangan dan pemahaman bagi anak-anak. Sastra anak erta kaitannya dengan dunia anak-anak dan bahasa yang digunakannya pun sesuai dengan perkembangan intelektual dan emosional anak. Secara konseptual, sastra anak-anak tidak jauh berbeda dengan sastra orang dewasa (adult literacy). Keduanya sama wilayah sastra yang meliputi segala kehidupan dengan perasaan, pikiran, dan wawasan kehidupan. Perbedaanya terletak dalam fokus pemberian gambaran kehidupan yang bermakna bagi anak dalam suatu karya. 

        Apresiasi anak di sekolah dasar dibagi dua yaitu apresiasi sastra secara reseptif dan apresiasi sastra secara ekspresif/produktif. Apresiasi sastra anak secara reseptif adalah kegiatan mengapresiasi dengan teori resepsi pada sebuah karya yang menekankan pada proses kreatif dan penciptaan. 

        Untuk mendownload modul pendalam materi bahasa indonesia dapat langsung klik disini

    Semoga bermanfaat

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini