Iklan

terkini

Ini Dia! 5 khasiat Daun Sirih Untuk Pengobatan Herbal

Redaksi
12/22/21, 11:24 WIB Last Updated 2021-12-22T04:24:26Z
manfaat daun sirih untuk kesehatan

PENAPEDIA.com - Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia. Selain itu daun sirih juga merupakan tumbuhan yang berdaun lebar serta tumbuh dengan cara merambat. Meskipun daun sirih sering digunakan oleh nenek moyang kita untuk dikunyah atau kita kenal dengan istilah “menyirih”, ternyata daun sirih juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang ada pada daun sirih.

Perlu diketahui, setidaknya ada dua jenis daun sirih yang beredar di masyarakat. Ada daun sirih yang berwarna hijau dan ini yang umum, juga ada daun sirih yang berwarna merah. Oleh karena itu, kami akan memaparkan lima khasiat atau manfaat yang ada pada daun sirih ialah sebagai berikut:

1). Menghentikan pendarahan hidung (mimisan). 
Daun sirih memiliki kandungan Fenil Poppies, atau senyawa aromatik yang dengannya bisa sangat membantu meredam pendarahan hidung (mimisan) secara berkala.

2). Memperbaiki luka pada lambung (tukak lambung).
Selain daun sirih secara aromatik mampu mengobati pendarahan hidung, daun sirih ternyata juga bisa mengobati luka pada organ dalam manusia, tukak lambung. Hal ini bisa terjadi berkat vitamin c yang ada pada daun tersebut yang juga memiliki zat anti septik.

3). Mengobati luka bakar ringan.
Daun sirih, selain memiliki vitamin c dan zat anti septik, ternyata juga memiliki kandungan alkaloid. Dengan ketiga kandungan itu, daun sirih sangat memiliki potensi untuk bisa mengobati luka bakar ringan.

4). Mengatasi gusi berdarah
Dalam kasus gusi berdarah, tentu banyak sekali penyebabnya. Sedangkan daun sirih yang memiliki kandungan saponin, tanin, kalsium, juga mineral fosfor sangat dipercaya, jika dengan dosis dan cara pemakaiannya benar, mampu mengatasi gusi berdarah.

5). Meredakan tekanan darah tinggi
Dilain sisi, ternyata daun sirih juga memiliki kandungan minyak esensial dan fenol yang mana dua kandungan itu bisa meredakan tekanan dara tinggi.

Demikianlah lima manfaat yang ada pada daun sirih. Ternyata selain digunakan untuk menyirih, dapat kita pahami bahwa daun sirih juga bisa digunakan untuk pengobatan herbal yang sepertinya, belum banyak diketahui oleh khalayak umum.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Dia! 5 khasiat Daun Sirih Untuk Pengobatan Herbal

Terkini

Topik Populer

Iklan