Iklan

terkini

Wow! Ternyata Ini Dia 9 Jurus Sakti Membuat Dunia Megenalmu Melalui Tulisan

Redaksi
12/08/21, 14:25 WIB Last Updated 2021-12-23T11:22:25Z
PENAPEDIA.com - Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, terlebih saat pandemi melanda, kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tapi jangan digunakan untuk bermalas-malasan ya! Yuk mencoba ekspresikan dirimu melalui menulis, saat membaca membuat kamu mengenal dunia, menulis membuat dunia mengenal kamu. Jika kamu sudah terjun dalam dunia ini, kamu akan merasa betapa asyiknya menuangkan ide, pengalaman dan ungkapan perasaan kamu dalam tulisan. Bagi kamu yang tertarik dan ingin belajar menulis, caranya mudah lho! Yuk simak, 9 Jurus Sakti berikut ini:
9 Teknik menulis baik dan benar

1. Tentukan niat yang tulus dan motivasi yang kuat

Ingat segala kesuksesan itu ditentukan oleh niat dan motivasi yang kuat. Jika kamu ingin menulis, kuatkan niat dan motivasi kamu dengan semangat yang tinggi. Niatkan semuanya karena mencari ridho Allah SWT, agar kegiatan apapun yang kamu lakukan bernilai ibadah.

2. Ciptakan suasana nyaman dan menyenangkan

Supaya kamu lebih fokus saat mulai menulis, ciptakan suasana nyaman dan menyenangkan misalnya dengan mendengarkan musik atau mencari tempat yang sepi, sesuai dengan pola belajar yang kamu sukai selama ini, karena setiap orang memiliki pola belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kepribadian masing-masing.

3. Siapkan alat bantu untuk mendukung kegiatan menulis

Agar kegiatan menulis berjalan dengan lancar yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan alat bantu yang mendukung seperti bolpoint, kertas, note book, hanphone, laptop, buku-buku literasi dan alat lain yang diperlukan.

4. Tentukan topik yang kamu sukai dan kamu kuasai

Saat pertama kali belajar menulis, kunci utamanya pilih topik yang kamu sukai dan kamu kuasai. Misalnya kamu suka hafalan Al-Quran. Tulislah tips dan tehnik hafalan yang pernah kamu lakukan. Maka tulislah hal-hal yang kamu sukai dan kamu kuasai dan membuat kamu semakin bersemangat dan menikmati proses menulis, karena kamu dapat menuangkan pengetahuan, ide, ungkapan perasaan secara langsung, sehingga kamu bisa mengenalkan siapa, bagaimana kamu ke seluru dunia. Dan duniapun akan lebih mengenalmu.

5. Tentukan judul yang menarik

Memiliki judul yang menarik dalam suatu tulisan akan sangat berpengaruh terhadap minat baca seseorang. Maka buatlah judul yang menarik dan sesuai dengan isi tulisan yang kamu buat.

6. Tentukan data primer dan sekunder

Untuk melengkapi tulisanmu, temukan data primer. Data primer bisa kamu peroleh dari nara sumber secara langsung. Caranya kamu bisa melakukan wawancara secara langsung. Selain itu kamu juga bisa mengambil data sekunder dan mencantumkannya dalam tulisanmu. Data sekunder bisa kamu peroleh dari literasi seperti buku, jurnal, surat kabar majalah atau media oneline, Jangan lupa tuliskan bodynote dan daftar pustaka. Jika data berbentuk gambar atau foto, cantumkan sumber dokumentasi tersebut beserta nama situsnya. Hal ini akan melatih kamu untuk menjadi seorang penulis yang profesional.

7. Tentuan kerangka tulisan dan lanjut menulis

Kerangka tulisan akan membantumu mempermudah tehnik penulisan. Catat kira-kira apa saja yang ingin kamu tuliskan. Lanjutkan dengan mengungkapkan semua ide dan perasaanmu sesuai dengan karaktermu runtut sesuai dengan kerangka yang telah kamu buat. Upayakan menggunakan bahasa yang baik dan santun.

8. Saatnya editing

Setelah proses menulis selesai, lanjutkan dengan proses editor. Kamu bisa menjadi editor untuk dirimu sendiri. Baca ulang tulisanmu dari awal hingga akhir. Perhatikan penempatan tanda baca, ejaan yang disempurnakan, marjin penggunaan kalimat majemuk, cara penulisan kata asing yang harus dimiringkan, perhatikan juga kesinambungan antar kalimat yang kamu buat. Apakah kalimat pertama sudah nyambung dengan kalimat kedua atau justru melompat dan topik kalimat pertama? Apakah tulisan yang kamu buat sudah sistematis sehingga mudah dibaca dan dipahami? Jangan sampai membuat pembaca bingung dengan apa yang kamu sampaikan. Dengan demikian kamu akan semakin mengerti cara menulis itu ternyata mudahkan? Yang penting tetap tekun, rajin dan selalu menuangkan ide kreatifmu dalam bentuk tulisan agar dunia lebih mengenalmu.

9. Bagikan karya tulismu melalui media sosial

Manfaatkan kecanggihan teknologi dan situasi pandemi untuk membantumu menyebarluaskan melalui media sosial seperti Blog, Facebook, Line, Instagram, BBM, Twitter agar orang lain membaca tulisanmu hingga membuatmu dikenal dunia, dan akan membesarkan namamu. Jadi mulai sekarang ayo bakar semangatmu untuk menjadi seorang penulis, agar dunia lebih mengenalmu.

Demikianlah 9 Jurus sakti membuat dunia mengenalmu melalui tulisan. Salam literasi.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wow! Ternyata Ini Dia 9 Jurus Sakti Membuat Dunia Megenalmu Melalui Tulisan

Terkini

Topik Populer

Iklan