Iklan

terkini

Mengenal Apa itu HTML, CSS, PHP dan Javascript

Redaksi
12/22/21, 15:42 WIB Last Updated 2021-12-22T08:42:50Z
PENAPEDIA.com - Di era digitalisasi saat ini, banyak orang yang beranggapan website itu sama dengan internet. Padahal internet dan website merupakan suatu hal yang berbeda. Perbedaanya, website atau disingkat dengan web adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa audio, video, gambar, text dan animasi lainnya yang diakses melalui koneksi internet. Lebih jelasnya, website merupakan halaman-halaman yang berisi informasi yang ditampilkan oleh browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, Opera dan lain lain sebagainya, sedangkan internet adalah jaringan yang digunakan untuk mengirim informasi pada halaman website.
Ilustrasi bahasa HTML, CSS, PHP dan Javascript (gambar: pixabay)
Bahasa Pemrograman Website

Bahasa programan merupakan bahasa yang bisa dipahami oleh komputer. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang memiliki fungsi berbeda-beda, diantaranya bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi dekstop, aplikasi web, aplikasi game, aplikasi handphone dan lain lain sebagainya.

Begitu juga dalam membuat website, terdapat banyak jenis bahasa pemrograman yang dapat digunakan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan 4 macam bahasa pemrograman yang memiliki peran sendiri-sendiri dalam membuat suatu website. Keempat bahasa pemrograman tersebut ialah HTML, CSS, PHP dan Javascript.

Mengenal Apa Itu Bahasa HTML

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, yakni suatu skrip berbentuk tag-tag yang berfungsi untuk mengatur dan membuat struktur suatu website. HTML memiliki beberapa fungsi utama dalam membuat suatu website diantaranya ialah sebagai berikut:
  • Menentukan layout pada suatu website.
  • Membuat list
  • Membuat table
  • Membuat link.
  • Membuat formulir
  • Menyisipkan gambar, audio dan video
  • Menformat text dasar seperti mengatur format font dan pengaturan paragraf.
Mengenal Apa Itu Bahasa CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets, yakni suatu skrip yang berfungsi untuk mengatur desain website. Meskipun HTML juga memiliki fungsi untuk mengatur tampilan website, namun fungsinya sangat terbatas. Jelasnya fungsi CSS ialah untuk memberikan pengaturan lebih lengkap agar struktur yang dibuat dengan HTML terlihat lebih rapi dan mewah.

Mengenal Apa Itu Bahasa PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, yakni bahasa pemrograman yang diproses disisi server. PHP memiliki fungsi utama dalam membuat website adalah untuk melakukan pengelolahan pada database. Data pada website akan dimasukan ke dalam database, diedit, dihapus, dan ditampilkan pada website yang telah diatur oleh PHP.

Mengenal Apa Itu Javascript

Javascript adalah bahasa pemrograman yang diproses pada komputer clint. Hal ini berbeda dengan bahasa PHP yang diproses disisi server. Javascript memiliki fungsi dalam membuat website adalah untuk memberikan efek animasi yang menarik.

Demikianlan pengenalan dasar seputar bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP dan Javascript. Jadi, untuk membuat suatu website dengan tampilan menarik dan elegan maka diperlukannya kombinasi dari keempat bahasa tersebut.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengenal Apa itu HTML, CSS, PHP dan Javascript

Terkini

Topik Populer

Iklan