Iklan

terkini

Ini Dia 3 Motivasi Menulis Menurut Sastrawan Arab dan Sastrawan Indonesia

Redaksi
12/08/21, 14:15 WIB Last Updated 2021-12-23T11:22:53Z
PENAPEDIA.com - Perlu kita ketahui bahwasanya tulisan itu memiliki pengaruh yang sangat dahsyat kepada para pembacanya. Para tokoh besar yang hidup sejak berabad-abad yang lalu sampai yang hidup di zaman modern, mereka memberikan motivasi kepada kita semua untuk menulis.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh Heri Purnomo yang merupakan orang terkenal di Indonesia, bahwa ada banyak motivasi untuk menulis akan tetapi hanya ada 3 (tiga) yang saya ambil yakni dari sastrawan Arab sekaligus ulama' dan sastrawan Indonesia:

1). Menurut sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a, (sahabat nabi Muhammad s.a.w.) berkata: "Ikatlah (catatlah) ilmu dengan menulis".

2). Menurut imam Al-Ghazali, (Ulama' termasyhur): "Jika kamu bukan keturunan dari anak raja dan kamu juga bukan keturunan dari ulama' besar, maka jadilah penulis".

3). Pramoedya Ananta Toer (Sastrawan Novelis Indonesia) perna mengatakan: "Seseorang boleh pintar setinggi langit, akan tetapi selama ia tidak menulis, maka ia akan hilang di dalam masyarakat dan juga dari sejarah, oleh karena itu menulis adalah pekerjaan untuk keabadian".

Ketiga motivasi di atas, itu menjelaskan bahwa menulis merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat. Oleh karena itu, hal ini sangat perlu untuk disampaikan kepada anak-anak dan generasi muda bangsa supaya mereka mempunyai niat dan semangat yang besar untuk menulis.

Dengan menulis kita dapat mengabadikan peristiwa dan kegiatan yang dialami baik oleh diri sendiri (pribadi), orang lain maupun berbagai macam hal yang berada disekitar kita. Demikianlah ulasan tentang motivasi dalam menulis menurut sastrawan Arab dan sastrawan Indonesia. 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Dia 3 Motivasi Menulis Menurut Sastrawan Arab dan Sastrawan Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan