Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Pola Makan Teratur dan Tepat Waktu

PENAPEDIA.com - Pola makan teratur dan tepat waktu sangat penting untuk dilakukan, bahkan harus dibiasakan. Karena dengan pola maka teratur dan tepat waktu dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Oleh karena itu, kita jangan pernah menyepelekan pola waktu makan dan diantara waktu makan yang paling sering diabaikan adalah sarapan. Jika melewatkan sarapan maka akan berdampak bahaya bagi kesehatan Anda. Orang-orang yang melewatkan sarapan akan memiliki kadar kolestrol darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

Ilustasi 5 manfaat pola makan teratur dan tepat waktu

Selain itu, pola makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu juga dapat mengakibatkan dampat buruk bagi kesehatan Anda. Diantaranya seperti dapat menyebabkan terjadinya masalah pada insulin yang kurang baik, dapat memicu gula darah yang tak terkendali dan lain sebagainya.

Sedangkan jika Anda makan dengan teratur dan tepat waktu, maka Anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa. Oleh karena itu pada postingan ini kami akan mengulas tentang 5 manfaat pola makan teratur dan tepat waktu:

1). Dapat Menjauhkan dari Penyakit Maag

Adapun penyebab penyakit Maag yang paling utama adalah pola makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu. Seperti, Anda terlalu siang makan satu kali dalam sehari atau Anda makan hingga menunggu waktu perut lapar. Maka dari itu, pola makan yang teratur dan tepat waktu adalah pola makan yang dapat mengatasi penyakit Maag ini. 

2). Dapat Menjauhkan dari Penyakit Jantung

Selain pola makan yang tidak sehat, makan yang tidak tepat waktu dan tidak teratur juga menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit jantung. Dalam konteks ini, pola makan yang tidak teratur dapat merusak kondisi jantung. Begitu juga sebaliknya, jika Anda makan dengan pola teratur, maka bukan hanya kesehatan jantung saja yang terjaga namun juga beberapa penyakit lainnya yang memiliki hubungan dengan penyaki jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolestrol dan lain sebagainya.

3). Dapat Memberikan Energi yang Lebih saat Beraktivitas

Ketika Anda beraktivitas dalam keseharian kerap kali merasa tidak berenergi? Adapun salah satu penyebab kondisi ini adalah makan yang tidak tepat waktu dan tidak teratur. Oleh karena itu, jika pola makan Anda tepat waktu dan teratur, maka Anda tidak hanya selalu berenergi setiap hari melainkan Anda akan mendapatkan energi lebih sehingga dapat beraktivitas dengan fokus dan kreatif. Selain itu, Anda harus membiasakan untuk mengkonsumsi lauk, sayuran, buah dan juga minuman yang bergizi seperti susu.

4). Dapat Menghindarkan dari Obesitas

Obesitas merupakan suatu kondisi dimana seseorang mempunyai badan yang sangat gemuk dan memiliki banyak lemak pada tubuhnya. Pola makan yang tidak teratur dapat memicu obesitas terhadap diri Anda. Sebab, dengan pola makan yang tidak teratur biasanya Anda akan makan lebih banyak, tidak terkontrol bahkan lebih cendrung untuk memilih makanan yang enak dengan kandungan kolestrol dan berlemak yang tinggi. Hal ini terjadi karena Anda tidak lagi terlalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan berapa banyak porsinya.

5). Dapat Meningkatkan Daya Konsentrasi

Ketika Anda sedang melakukan suatu aktivitas maka konsentrasi sangatlah dibutuhkan. Sebab, hanya dengan konsentrasi, suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan sangat baik. Oleh karena itu, konsentrasi sangat dibutuhkan oleh siapa tanpa terkecuali pelajar, mahasiswa, pengusaha, pekerja, dokter ataupun ibu rumah tangga sekalipun.

Demikianlah 5 manfaat pola makan teratur dan tepat waktu. Semoga kita semua dapat mengatur pola makan dengan teratur dan tepat waktu sehingga 5 manfaat diatas dapat kita rasakan.