#cssmenu ul li:nth-child(2) a:after { content: 'New'; font-size: 11px; background: red; padding: 5px 8px; margin: 0 0 0 5px; border-radius: 5px; }

Iklan

terkini

2 Cara Mudah Mengganti Template Blogger 2022

Redaksi
6/17/2022, 09:16 WIB Last Updated 2022-06-17T02:16:11Z
Inilah Cara Mengganti Template Blog
Gambar ilustrasi tampilan sebuah blog

PENAPEDIA.com | Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang blogger untuk membuat tampilan blognya lebih menarik dan indah adalah dengan mengganti template blog. Selain dapat berpengaruh terhadap tampilan, mengganti template blog juga dapat berpengaruh agar blog lebih SEO Friendly. 

Mengganti template pada blogger sebenarnya sangatlah mudah, namun bagi pemula pasti merasa kesulitan. Hal ini dikarenakan masih belum mengerti fungsi fungsi menu yang ada di dasboard blogger. Oleh karena itu, pada postingan ini kami jelaskan tentang 2 cara mudah mengganti template blog di blogger. 

Pengertian Template Blogger


Template blogger atau bisa disebut dengan tema blog adalah desain tampilan blog yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP, JavaScript dan bahasa pemrograman web lainnya. Kombinasi dari bahasa pemrograman tersebut itu menjadi sebuah tamplate yang di simpan dalam bentuk format XML (extensible markup language)


Tips Memilih Template Blogger


Sebelum Anda mengganti template pastikan bahwa template blogger yang Anda pilih sudah bagus, maksud bagus disini bukan hanya dari tampilannya saja melainkan bagus dari segi kecepatan, ramah mesin pencarian, responsive, pengaturan template mudah untuk di edit dan mendapatkan update dari pembuatnya (developer).

Selain itu, juga harus memiliki fitur dasar yang di sukai oleh robot Google dan dibutuhkan oleh pengunjung (visitor). Apa saja fiturnya? Yuk! simak uraian dibawah ini:

Berikut ini daftar fiturnya:
  • Responsive
  • SEO ready
  • Fast loading (loding cepat)
  • Ads optimized (slot iklan otomatis)
  • Mobile friendly (ramah seluler)
  • Related post (postingan terkait)
  • Kolom pencarian
  • Tombol berbagi sosial media
  • Tombol back to top button (tombol kembali ke atas)
  • Komentar
  • TOC (table of content)


Cara Mengganti Template Blogger


Terdapat 2 cara untuk mengganti template atau tema blogger. Pertama, upload template dari hasil download. Kedua, menyalin kede template. Kedua cara ini sebenarnya sama saja tapi ada sedikit perbedaan yang perlu kamu ketahui.

Jika Anda menggunakan cara upload maka tidak akan menghilangan widget-widget yang sebelumnya sudah terpasang pada blog, sedangkan menggunkan cara menyalin kode template maka akan merubah semua widget dan tampilan sebelumnya.

Kedua cara ini mudah untuk dilakukan, tapi untuk lebih aman kami sarankan menggunakan cara upload. Namun, untuk menghindar dari sesuatu yang tidak di inginkan ketika mengganti template blogger, alangkah baiknya Anda backup (cadangkan) template blog sebelumnya. Berikut ini 2 cara mengganti template blogger:

1. Cara Mengganti Template Melalui Fitur Upload Tema


  1. Buka dashboard blogger, kemudian pilih menu Tema (Theme) yang berada disebelah kiri layar.
  2. Klik tombol panah ke bawa, lalu pilih opsi Pulihkan.
  3. Kemudian klik tombol Upload.
  4. Selanjutnya pilih template blogger yang sudah kalian download dengan format .xml. Namun, jika file template masih berupa ZIP atau RAR, maka Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu.
  5. Jika sudah di ekstrak, lalu Anda pilih file tempalte dengan format .xml dan terakhir pilih Open.
Jika sudah selesai, maka secara otomatis Anda bisa melihat hasil akhir tema yang telah di upload melalui tampilan awal blog.

2. Cara Mengganti Template Melalui Melalui Edit HTML


  1. Pada dashboard Blogger, silahkan pilih menu Tema. 
  2. Klik tombol panah ke bawa, lalu pilih pada menu Edit HTML.
  3. Blok semua kode tema dengan cara klik control + A dan hapus (backspace).
  4. Selanjutnya, Anda buka file template dengan format .xml yang sudah Anda miliki dengan menggunakan aplikasi editor seperti Notpad++, Visual Studio dan lain sebagainya.
  5. Kemudian Anda copy dan paste semua kode template pada jendela.
  6. Terakhir, klik Simpan
Selanjutnya, secara otomatis Anda bisa melihat tampilan blog yang sudah Anda rubah.

Demikianlah 2 cara mudah mengganti template Blogger 2022. Silahkan Anda pantau terus blog ini karena selanjutnya kami akan membahas tentang seputar tempalate Blogger seperti, rekomendasi situs download tempalte gratis, rekomendasi template premium, optimasi template dan lain sebagainya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 2 Cara Mudah Mengganti Template Blogger 2022

Terkini

Topik Populer

Iklan