Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kecamatan di Bumi Arema Terkepung Banjir

Berita di Kabpaten Malang
Gambar jalanan yang terendam dengan banjir

Penulis: Abdul Aziz | Editor: Ruspandi

PENAPEDIA.com - Beberapa wilayah di Kabupaten Malang daerah bagian Malang selatan diterjang arus banjir bandang dan tanah longsor, pada hari Senin (17/10) dan sampai saat ini belum dilaporkan ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Berdasarkan data menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, setidaknya ada tujuh kecamatan yang terdampak bencana banjir ini. Meliputi Kecamatan Donomulyo, Pagak, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Tirtoyudo, Bantur dan Ampelgading.

Dari ketujuh kecamatan itu, banjir bandang melanda salah satunya Kecamatan Tirtoyudo, tepatnya di Desa Pujiarjo.

"Curah Hujan yang sangat lebat di wilayah Malang ini khususnya bagian selatan, mulanya Minggu (16/10) hingga saat ini curah hujan yang semakin meningkat menyebabkan terjadinya banjir bandang di Desa Pujiarjo, Kecamatan Tirtoyudo," Kalaksa BPBD Jatim, Budi Santosa menurut keterangannya.

Ia menjelaskan, untuk Kecamatan Donomulyo banjir bandang merendam Desa Sumberoto serta Desa Kedung salam. Lalu banjir bandang juga menerjang di Kecamatan Pagak yang melanda Desa Sumbermanjing Kulon.

Kemudian untuk Kecamatan Sumbermanjing Wetan, menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Tambakrejo. Di Kecamatan Tirtoyudo terjadi di Desa Purwodadi. Kemudian untuk Kecamatan Bantur melanda di Desa Bandungrejo, sedangkan di Kecamatan Ampel Gading menerjang Desa Lebakharjo.

Untuk bencana tanah longsor, untuk saat ini menurut informasi yang didapatkan masih hanya melanda di daerah kecamatan Dampit. 

"Tanah Longsor terjadi di Dusun Srimlulyono dan Dusun Sukodono, Kecamatan Dampit," jelasnya.

Budi mengatakan belum ada korban jiwa yang dilaporkan akibat banjir dan tanah longsor tersebut. Serta untuk dampak kerusakan dari rumah warga dan fasilitas umum untuk saat juga masih didata. 

"Korban nihil, dan dampak kerusakan masih dalam pendataan," pungkasnya.

Saat ini BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten Malang sedang melakukan assessment di lokasi kejadian dan terus berkoordinasi dengan pihak yang terkait. 

"Perkembangannya akan kami sampaikan selanjutnya," tuturnya.


Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news setiap hari dari PenaPedia.com. Mari bergabung di Grup Telegram "PenaPedia.com Update", caranya klik link https://t.me/penapediaupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.