Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Wisata Gunung di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah dan Menjadi Favorit

PENAPEDIA.com - Pemandangan alam Indonesia tidak hanya terbatas pada keindahan pantainya. Gunung-gunung di Indonesia juga memiliki pesona yang menakjubkan. Dari saat matahari muncul di ufuk timur hingga tenggelam di ufuk barat, kita dapat menyaksikan keindahan alam yang luar biasa. Terdapat tebing-tebing curam yang menjulang tinggi, padang rumput yang hijau dan melimpah, serta pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung.


Dari banyaknya gunung di Indonesia, beberapa di antaranya menjadi tempat wisata yang sangat populer. Ingin tahu gunung-gunung apa saja yang menawarkan pemandangan indah di Indonesia? Yuk! simak penjelasannya dibawah ini:


1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Ini adalah salah satu gunung yang sangat populer dan menjadi impian para pecinta alam di Indonesia. Lokasi gunung ini berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di wilayah Jawa Timur. Banyak pengunjung dari dalam dan luar negeri yang memadati tempat ini guna menikmati panorama yang memukau saat matahari mulai terbit.

Tidak perlu khawatir tentang kelelahan saat menjelajahi kawasan Gunung Bromo, karena ada banyak mobil jeep dan kuda yang bisa disewa untuk menjelajahi keindahannya di tengah padang pasir.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

Masih berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan Gunung Semeru tidak kalah indahnya dengan Gunung Bromo. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, juga dikenal sebagai "raja" pulau Jawa, menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Tak heran bahwa gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia. Untuk menikmati keindahan matahari terbit dari puncaknya, dibutuhkan upaya yang luar biasa. Namun, kamu akan terpesona oleh keindahan alam di sekitarnya, termasuk pesona Danau Ranukumbolo.

3. Gunung Prau, Jawa Tengah

Ketinggian gunung ini mencapai 2.565 meter di atas permukaan laut, dan lokasinya berada di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Siapa pun yang mendaki gunung ini untuk pertama kalinya tidak akan kesulitan mencapai puncaknya. Dari puncak gunung ini, kamu akan melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing yang juga sangat mempesona. 

4. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok menjadi salah satu tujuan pariwisata yang paling diminati di Indonesia setelah Bali. Tidak hanya pantainya yang indah dan estetik, Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang sangat eksotis. Gunung ini dikenal sebagai destinasi trekking terbaik di Asia Tenggara, dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl. Salah satu tempat yang paling diminati oleh para pendaki adalah Danau Segara Anak. Keindahannya pasti takkan terlupakan!

5. Gunung Ijen, Jawa Timur

Terdapat satu gunung yang menarik di Jawa Timur selain Gunung Bromo dan Semeru, yakni Gunung Ijen. Lokasi yang menakjubkan ini berada di antara tiga daerah, yakni Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan di sini adalah kawahnya dan fenomena api biru yang langka. Untuk menyaksikannya, pengunjung harus mendaki Gunung Ijen pada malam hari. Menariknya, fenomena api biru hanya terjadi di beberapa tempat di dunia, dan Indonesia beruntung memiliki salah satunya.

6. Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

Tidak asing lagi dengan keeksotisan Pulau Flores, bukan? Salah satu keindahan yang bisa ditemui di sini adalah Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu. Danau Kelimutu sering dikenal sebagai danau tiga warna karena memperlihatkan tiga nuansa warna yang berbeda. Pendakian ke puncak Gunung Kelimutu tidaklah sulit karena telah tersedia anak tangga yang memudahkan perjalanan.

7. Gunung Patuha, Bandung, Jawa Barat

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan nama Gunung Patuha, tetapi pasti sudah sering mendengar tentang Kawah Putih, bukan? Kawah Putih sebenarnya merupakan bagian dari Gunung Patuha. Keindahan pemandangan Kawah Putih yang berwarna hijau toska menjadikan Gunung Patuha sangat populer di kalangan wisatawan. 

Itulah 7 wisata
gunung di Indonesia dengan pemandangan yang indah dan menjadi favorit para
wisatawan.