Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Tugas Akhir Mahasiswa S1 IAI AL-Qolam

PENAPEDIA.com - Tugas akhir merupakan suatu tugas yang disusun oleh mahasiswa atau mahasiswi di setiap Perguruan Tinggi yang sesuai dengan program studi yang diambil. Tugas akhir Mahasiswa sarjana S1 setidaknya dibagi menjadi 3 bagian. Apa saja tugasnya? Yuk! kita simak ulasan dibawah ini:


Inilah 3 Tugas Akhir Mahasiswa S1 IAI Al-Qolam


1). Skripsi

Skripsi atau laporan penelitian merupakan tugas akhir bagi mahasiswa yang sudah banyak diampuh oleh seluruh mahasiswa atau mahasiswi di setiap Perguruan Tinggi baik tingkat negeri maupun swasta. Pada jenis tugas akhir skripsi ini, mempunyai sistematika yang terdiri dari Bab 1 sampai 5. Ada juga hanya sampai Bab 4 tergantung model dan jenis penelitiannya.


2). Artikel Jurnal Terakreditasi

Yang dimaksud dengan artikel jurnal ialah artikel penelitian yang dimuat pada jurnal penelitian. Artikel jurnal itu mempunyai struktur yang lebih sederhana yakni judul abstak pendahuluan, metode, hasil dan penutup. Namun, struktur ini tidak baku karena harus menyesuikan dengan gaya selingkum jurnal dimana artikel akan diterbitkan. Pada jenis tugas akhir artikel penelitian ini wajib di publikasikan pada jurnal online ber-ISSN. Artinya meskipun struktur penlisanya sederhana, artikel penelitian memiliki kandungan keilmuan yang lebih berkualitas karena harus melewati jurnal nasional.

3). Buku ber-ISBN

Jenis tugas akhir yang ketiga yakni buku ber-ISBN dengan minimal halaman sebanyak 60 halaman dengan mengunakan font huruf Times New Roman ukuran 12 pada kertas A4 dengan spasi 1.5.

Mahasiswa boleh memilih salah satu jenis tugas akhir diatas sebagai tugas akhir Peguruan Tinggi. Artinya, tugas akhir ini tidak harus berupa Skripsi, melaikan boleh Artikel, boleh juga Buku sesuai dengan ketentuan yang tertera di atas. Meskipun mahasiswa atau mahasiswi memilih artikel atau buku sebagai tugas akhir, mahasiswa atau mahasiswi tetap harus menyusun proposal penelitian sesuai dengan petunjuk struktur dan format penulisan proposal. Demikianlah ulasan tentang 3 tugas akhir mahasiswa sarjana S1.